Memasak Mie Kuah yang Enak

mie kuah
Mie kuah merupakan salah satu jenis makanan dari mie yang paling populer selain mie goreng. Kepopuleran mie kuah ini terlihat dari banyaknya orang yang menggemari makanan yang satu ini. Banyaknya penggemar dari mie kuah ini bisa kita lihat dari begitu ramainya sejumlah warung dan rumah makan yang menyajikan mie kuah sebagai menu andalannya. Karena untuk memasak mie kuah ini bisa dibilang cukup mudah maka tidak jarang jika kita kemudian juga mencoba untuk memasaknya sendiri. Biasanya sih masakan mie kuah kita tetap jadi namun acap kali rasanya tak selezat mie kuah mie kuah yang dijual warung warung di pinggir jalan, terasa ada yangkurang entah dibagian apanya. Bahkan terkadang meskipun jenis mie maupun bumbu yang kita pakai sama seperti saat kita sama sama memasak mie kuah yang menggunakan bahan mie instan, hasil masakan kita seringkali berbeda rasanya dengan mie kuah merk sama yang dijual di warung warung tersebut. Perbedaan yang terjadi pada rasa mie kuah yang kita hasilkan ini bisa jadi karena takaran bahan yang berbeda atau bisa juga karena metode memasak yang kita lakukan berbeda denga metode memasak warung warung mie tersebut.

Untuk metode memasak beberapa warung memang cukup berbeda. Salah satu yang bisa saya dapatkan dari sumber internet untuk menghasilkan mie kuah yang enak dan lezat dari sebungkus mie instan warung warung mie tadi memasak mienya dengan cara sebagai berikut :

- Memasukkan telur terlebih dahulu, menurut beberapa artikel di internet beberapa abang warung mie ini akan memasukkan telurnya terlebih dahulu dibandingkan mie dan yang lainnya. Jadi begitu air mendidih yang pertama dimasukkan adalah telur baru setelah telur menjadi setengah matang dimasukanlah saw dan mienya.

- Proses Masak mie yang tidak diaduk, banyak yang mempercayai bahwa memasak mie kuah agar enak maka tidak usah diaduk, namun mie yang dimask ini ditutup saja biar cepat matang.

- Penggunaan air yang tidak terllau banyak, untuk memasak mie rebus atau mie kuah ini biasanya air yang dipakai tidaklah terlalu banyak. Air ini setelah digunakan untuk merebus mie janganlah dibuang namun digunakan lagi nantinya.
- Waktu masak jangan kelamaan, untuk menghasilkan mie kuah yang enak salah satu hal yang harus diperhatikan adalah lama sebentarnya merebus mie ini. Mie sebaiknya dimasak sebentar saja asalkan sudah matang, jangan terllau lama karena bisa mengakibatkan mie menjadi lembek dan kurang nikmat untuk disantap.Setelah mie dirasa cukup matang matikan kompor kemudian  setelah itu campurkan mie dengan bumbu.
- Bumbu tidak ikut dimasak. Bumbu mie instan ini ditaruh dimangkok. Baru setelah mie bumbu ini dicampur dengan mie di mangkok. Untuk air yang digunakan dalam mie biasanya warung warung menggunakan air hasil rebusan mie tadi. Meski banyak orang menyebutnya sebagai kurang baik bagi kesehatan tapi karena rasanya enak merek tetap melakukannya. Jika kita ingin melakukan hal yang serupa juga tidak apa apa karena kita bisa menggunakan mie yang non pengawet dan pewarna buatan seperti lemonillo misalnya.

- Taburi dengan bawang goreng, setelah mie matang agar rasanya lebih nikmat maka bisa ditaburi dengan bawang goreng yang biasanya sudah disertakan ke dalam bungkus mie instan. Atau kalau belum ada bawang goreng pada bungkus mie instan kita bisa menggunakan bawang goreng hasil buatan kita sendiri.



Komentar