Fitur dan Spesifikasi Oppo Reno 3


Jika kita berbicara tentang smartphone android yang seringkali menonjolkan keunggulan di bagian kameranya maka bisa jadi Oppo adalah salah satunya. Hal ini bisa kita lihat dari serangkaian series smartphone dari oppo yang dibekali dengan kamera yang cukup mutakhir dengan spek yang juga lumayan mumpuni. Salah satu contohnya misalnya adalah series terbaru dari Oppo reno yakni Oppo reno 3.

Meskipun ponsel Oppo reno 3 ini sudah beredar di China sejak akhir tahun 2019 yang lalu, namun untuk pasar Indonesia sendiri Oppo reno 3 baru akan diluncurkan secara resmi pada 17 maret 2020 nanti. Dan untuk spesifikasinya secara garis besar Oppo reno 3 untuk pasar internasional dan pasar Indonesia relatif sama meski ada juga penyesuaian di sana sini. Adapun untuk garis besarnya sendiri spesifikasi dari Oppo reno 3 di pasar internasional sendiri adalah sebagai berikut :

Untuk material yang digunakan di Oppo reno 3 sendiri menggunakan alumunium sebagai framenya, dan corning gorilla glass untuk bagian front dan back bodynya. Sedangkan dimensi atau ukuran fisik dari Oppo reno 3 sendiri adalah 160.3 x 74.3 x 8 mm dengan bobot yang cukup ringan yakni 181 gram saja.

Oppo reno 3 menggunakan layar bertipe AMOLED capacitive touchscreen 16 juta warna dengan ukuran 6.4 inch. Adapun untuk resolusi layarnya adalah 1080 x 2400 pixels dengan rasio sebesar 20:9. Untuk mencegah timbulnya bekas goresan ketika dipakai Oppo reno 3 juga sudah dilengkapi pelindung layar berupa lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Operating system atau Os yang dipakai di smartphone ini termasuk Os versi terbaru yakni android 10.0. Sedangkan untuk user interface atau antar muka dari ponsel ini menggunakan ui khas Oppo yajni Color Os dan untuk Reno 3 suda menggunakan versi baru yakni Color Os 7.0.

Chipset Mediatek MT6885Z Dimensity 1000L (7nm) dengan CPU Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A77 & 6x2.0 GHz Cortex A55) digunakan oleh Oppo sebagai dapur pacu dari reno 3 ini. Sedang untuk keperluan grafis menggunakan GPU Mali-G77 MP9.

Untuk keperluan simpan menyimpan data meskipun Oppo reno 3 ini tidak memiliki slot untuk memori eksternal akan tetapi storage internalnya bisa dibilang sudah cukup relatif besar kapasitasnya. Dengan internal storage berkapasitas 128 GB tentunya bisa menyimpan data atau file dalam jumlah yang lumayan. Sedangkan RAM nya sendiri Reno 3 tersedia dalam 2 pilihan yakni varian Oppo reno 3 dengan RAM 8 GB dan varian dengan RAM 12 GB.

Beralih ke bagian kamera yang merupakan fitur unggulan dari Oppo reno 3 ini kita akan menemukan ada 4 buah kamera utama di bagian belakang ponsel reno 3 ini. Keempat kamera ini terdiri dari 1 bua kamera wide dengan resolusi 64 mega pixel, 1 buah kamera ultra wide berresolusi 8 mega pixel, 1 buah kamera 2 mega pixel dan juga 1 buah depth kamera 2 mega pixel. Adanya 4 buah kamera ini tentunya akan menjadikan gambar bidikan kita bisa meningkat kualitasnya. Sedangkan untuk kamera depan yang biasanya digunakan orang orang untuk selfie maupun video call oppo juga tidak melewatkannya begitu saja. Untuk kamera depan ini Oppo membenamkan kamera dengan resolusi yang juga lumayan besar yakni 32 mega pixel.

Dari segi konektivitas layaknya smartphone smartphone mutakhir lainnya, oppo reno 3 juga memiliki alat koneksi yang cukup lengkap mulai dari bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, NFC hingga GPS.

Sedangkan untuk baterai yang dipakai adalah baterai non removable Li-Po 4025 mAh dan sudah mendukung fast charging30 w VOOC 4.0

Komentar