Operasional Industri Lancar dengan Mengaplikasikan Load Bank

ASCO Froment 8000 Series Load bank
Dalam sebuah industri skala besar, tentu membutuhkan pengaturan asupan listrik yang memadai agar asupan listrik tetap terjaga dan tidak timbul beban listrik mendadak yang membuat pasokan listrik terganggu. Keberadaan load bank dalam sebuah industri memiliki manfaat untuk mengelola serta mengontrol beban operasional listrik industri dalam satu sistem. Informasi lebih lanjut terkait load bank dan fungsinya bisa dilihat di https://sewatama.com/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/.

Mengapa Industri Besar Menggunakan Load Bank?

Ada banyak alasan mengapa industri skala besar harus mengaplikasikan load bank dalam operasionalnya setiap saat. Keberadaan load bank dalam industri tersebut adalah untuk mengembangkan beban listrik serta menguji beban listrik. Berikut adalah alasan menggunakan load bank di industri:

1. Mengetes Bateri dan Sistem Uninterruptible Power Supply (UPS)

Seperti namanya, Uninterruptible Power Supply (UPS) memiliki fungsi besar dalam mensuplai tenaga listrik ketika timbul masalah dari sumber listrik utama. Dalam penyelenggaraan operasional industri, masalah kegagalan transmisi listrik tentu adalah masalah yang harus sangat dihindari. Kegagalan listrik tidak hanya menyebabkan kerusakan mesin namun juga kerugian besar karena beberapa komponen harus selalu mendapat asupan listrik.

Load bank memiliki manfaat untuk menguji performa sistem UPS serta baterai dalam industri akan selalu siap setiap saat ketika dibutuhkan. Pengujian berkala oleh load bank akan membantu industri siap siaga ketika ada masalah ketidakstabilan pasokan listrik.

2. Menguji Mesin Turbin dan Diesel

Performa perangkat mesin diesel, turbin dan juga genset harus selalu diuji secara berkala untuk mengetahui apakah ada penurunan performa pada rentang waktu tertentu. Untuk melakukan pengujian secara berkala maka digunakankan alat load bank. Load bank akan membantu mengukur kapasitas mesin diesel yang sebenarnya dengan spesifikasi yang tertera pada mesin. 

Pengujian performa mesin diesel, turbin dan juga genset dilakukan setiap 14.000 jam sekali. Saat sudah memasuki masa 14.000 jam penggunaan, maka load bank akan digunakan untuk menguji performa ketiga perangkat. 

Sewatama adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan listrik serta sewa peralatan listrik seperti genset dan load bank yang selalu siap sedia membantu Anda. Jika Anda membutuhkan load bank berkualitas untuk kebutuhan industri manufaktur, maka Sewatama adalah perusahaan yang tepat.


Komentar