Cara Mengatasi Rayap yang Ada di Rumah

Bagi para pemilik bangunan terutama yang menggunakan kayu rayap adalah salah satu musuh yang harus dibasmi. Hal ini karena keberadaan rayap di sekitar bangunan bisa membahayakan. Sebab seperti yang kita ketahui rayap ini akan memakan bahan kayu dan yang sejenisnya pada sebuah bangunan. Dan akibatnya bangunan akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada bangunan ini bisa bersifat ringan maupun berat yang bahkan bisa merobohkan bangunan tersebut.

Karena keberadaan rayap ini sifatnya sangat merugikan maka penting bagi penghuni rumah untuk mencegah dan mengatasi adanya rayap ini. Untuk cara mengatasi rayap sendiri bisa dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan bahan kimia. Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri baik dari segi efektifitas maupun dari segi efek samping.

Untuk mencegah dan mengatasi rayap secara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dengan menggunakan garam yang ditaburkan di tempat rayap berkembang biak , menggunakan air cucian beras yang disemprotkan ke koloni rayap yang ada di sekitar kita atau bisa juga meletakkan daun kemangi di tempat yang ada rayapnya, aroma dari daun kemangi dipercaya bisa mengusir rayap yang ada.

Selain cara alami di atas anda bisa juga menggunakan metode membasmi rayap menggunakan bahan bahan yang ada di rumah. Misalnya saja dengan menggunakan larutan air sabun  yang disemprotkan ke rayap rayap yang ada. Air sabun ini akan menjadikan rayap kesulitan bernafas sehingga mati. 

Sedangkan untuk pembasmian rayap menggunakan bahan kimia salah satu contohnya adalah dengan menggunakan obat pembasmi serangga yang banyak dijual di pasaran. Tentunya jika kita menggunakan bahan kimia dalam pembasmian rayap ini kita harus lebih hati hati dan teliti. Misalnya saja kita harus tahu kandungan bahan kimia yang ada pada obat pembasmi tersebut apakah berbahaya juga untuk hewan peliharaan yang ada di sekitar kita atau tidak? apakah bahan tersebut akan memiliki efek samping untuk kesehatan manusia atau tidak? dan lain sebagainya.

Cara pembasmian rayap di atas baik yang secara alami maupun kimiawi tentunya hanya dapat kita lakukan jika kita memang mempunyai waktu untuk melaksanakannya. Jika keseharian kita sibuk dan tak sempat untuk mengurusi rayap rayap pengganggu ini maka akan lebih baik jika kita menggunakan jasa pengendalian hama yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Salah satu contoh jika kita tinggal di daerah jogja dan sekitarnya kita bisa menggunakan jasa anti rayap yogyakarta dari fumida. Fumida sendiri telah berpengalaman selama kurang lebih 10 taun dalam bidang ini. Dan untuk pembasmian rayap biasanya mereka menggunakan cairan kimia yang  aman dan ramah lingkungan sehingga anda bisa nyaman tidak berbau dan tidak membuat pohon dan tanaman mati


Komentar