Manfaat Studi Kelayakan Usaha


Feasibility merupakan salah satu hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan ketika seseorang ingin menjalankan sebuah usaha. Bergerak dibidang apapun usaha atau bisnis yang akan dijalankan seorang pengusaha patut untuk mengetahui tingkat kelayakan (feasibility) dari usahanya tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya akan memudahkan mereka dalam merancang dan menjalankan bisnis tersebut nantinya.

Salah satu cara untuk mengetahui kelayakan dari sebuah usaha ini adalah dengan membuat studi kelayakan usaha. Lewat studi kelayakan ini pengusaha akan mengetahui layak tidaknya usaha mereka untuk dijalankan ditinjau dari berbagai aspek yakni aspek hukum, pemasaran, manajemen dan keuangan. Di dalam studi kelayakan ini natinya akan dibahas berbagai hal  yang terkait dengan bisnis yang akan dijalankan mulai dari soal perizinan, potensi pasar, modal yang dibutuhkan, kompetitor yang akan dihadapi, hambatan yang kemungkinan terjadi dan lain sebagainya.

Adanya studi kelayakan usaha yang lengkap dan komprehensif tentunya akan membantu seorang pengusaha dalam menjalankan fase fase usahanya mulai dari perencanaan, operasional usaha hingga ke pengawasan dan pengendalian bisnisnya. Sehingga dengan adanya studi kelayakan seorang pengusaha bisa menjadikan bisnisnya lebih efisien dan efektif serta mengurangi potensi terjadinya kerugian dalam bisnisnya.

Bahkan manfaat yang didapat dengan adanya studi kelayakan ini tak hanya bersifat internal saja akan tetapi juga eksternal. Dimana ketika sebuah usaha dinilai feasibel atau layak berdasar sebuah studi kelayakan yang komprehensif maka akan lebih mudah untuk mendapatkan suntikan modal dari investor.

Karena demikian pentingnya peranan studi kelayakan ini maka penting bagi seorang pengusaha untuk benar benar serius ketika membuatnya. Pembuatan studi kelayakan ini hendaknya memang dilakukan oleh orang yang profesional dan paham berbagai aspek yang terkait dengan studi kelayakan baik itu aspek hukum, ekonomi, budaya, pemasaran, manajeman maupun keuangan. Untuk itu jika sebagai seorang pengusaha tidak memilki kompetensi di dalam hal tersebut ada baiknya menyerahkan pembuatan studi kelayakan ini kepada yang lebih ahli dalam hal ini adalah jasa pembuatan studi kelayakan

Saat ini layanan yang menyediakan jasa pembuatan studi kelayakan sudah cukup banyak. Salah satu contohnya adalah layanan dari grapadi group. Melalui salah satu anak usahanya yakni grapadi konsultan mereka menyediakan jasa studi kelayakan. Dengan pengalaman yang sudah 20 tahunan dan tenaga profesiona di bidangnya layanan pembuatan studi kelayakan dari grapadi ini patut untuk dipilih oleh mereka yang membutuhkan studi kelayakan baik itu pemilik usaha, pemerintah, investor maupun masyarakat..

Komentar